Jenis-jenis Penyakit Asma

Secara umum, asma dibagi ke dalam dua jenis yaitu asma pada anak (child-onset asthma) dan asma pada orang dewasa (adult-onset asthma)
Akan tetapi terdapat juga tipe-tipe penyakit asma lainnya, yang dibedakan berdasarkan situasi dan pemicu terjadinya yaitu:

http://pengobatanasma.blogspot.com/2014/12/jenis-jenis-penyakit-asma.html

  • Asma alergik (Allergic Asthma)
Asma jenis ini adalah jenis asma yang disebabkan oleh allergen (zat pemicu alergi) seperti bulu binatang, jenis makanan tertentu, debu, jamur, serbuk sari, dan zat-zat alergen lainnya
  • Asma non-alergi ( (Non-Allergic Asthma/Intrinsic Asthma)
Asma tipe ini terpicu oleh suatu zat mengganggu yang terdapat di udara, namun tidak termasuk sebagai allergen. Zat-zat seperti parfum, debu dalam rumah, asap rokok, dan polusi udara dapat menimbulkan gejala kesusahan bernapas bagi penderita asma tipe ini.
  • Occupational Asthma
Seperti namanya, asma tipe ini adalah asma yang berhubungan dengan pekerjaan. Banyak penderita asma yang mengalami gejala/serangan asma saat berada di tempatnya bekerja. Ini disebabkan oleh faktor-faktor lingkungan yang dapat memicu asma, misalnya kondisi udara, debu, asap rokok, atau bahkan situasi stres yang sering muncul di lokasi pekerjaan.
  • Exercise-induced asthma (EIA)
Penyakit asma ini adalah tipe asma yang dipicu akibat gerak badan/aktifitas fisik yang berat. Setelah aktifitas tersebut mencapai titik tertentu, serangan asma akan terjadi dan menyebabkan mengi (berbunyi saat bernapas), dada terasa sesak dan batuk.
  • Nocturnal asthma
Ini adalah tipe asma yang biasanya sangat parah di malam hari. Gejala asma itu sendiri bisa muncul kapan saja, akan tetapi pada malam hari, atau bahkan saat tidur, serangan asma akan semakin parah.
  • Cough-variant asthma
Tipe penyakit asma ini didominasi oleh batuk kering yang sangat parah, dan biasanya tidak memiliki gejala-gejala asma lainnya (sesak napas, mengi, dll). Itu menyebabkan tipe asma ini terlambat dideteksi dan ditangani, karena serangan asma yang terjadi hanya berupa batuk. Pemicunya bisa karena kondisi udara yang buruk atau akibat aktifitas fisik yang berat.

Demikian ulasan mengenai jenis-jenis penyakit asma, artikel ini bersumber dari webkesehatan.com. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih telah berkunjung diwebsite kami.






0 Response to "Jenis-jenis Penyakit Asma"

Posting Komentar