Gejala Awal Terkena Penyakit Asma

Dengan terjadinya pembengkakan yang menyebabkan ukuran saluran udara mengecil sehingga si penderita asma mengalami kesulitan bernapas. Biasanya ketika seseorang terserang penyakit asma akan muncul gejala-gejala lain yang mengiringi, seperti batuk, mengeluarkan bunyi khas penyakit asma yang mencuit-cuit (wheezing) serta yang pasti adalah penderita mengalami sesak napas.
Penyakit asma tergolong penyakit yang dapat disembuhkan dan masih bisa dikendalikan. Pengendalian tersebut bisa dilakukan secara maksimal apabila penderita segera mengetahui penyakit asma telah menyerangnya sehingga pengobatan asma pun segera bisa dilakukan. Penyakit asma bisa dipicu dari berbagai faktor termasuk lingkungan sekitar dan juga faktor keturunan. Berikut dibawah ini Gejala Awal Terkena Penyakit Asma.
  • Sulit bernapas
Jika seseorang dalam menjalankan aktivitas atau secara tiba-tiba merasa sulit bernapas bisa saja mengindikasikan bahwa seseorang mengidap penyakit asma.
  • Mengi
Tanda awal yang biasanya muncul pada penderita asma adalah adanya suara mengi ketika bernapas.
  • Nyeri pada bagian dada
Perasaan sakit di area dada bisa saja merupakan salah satu gejala penyakit asma. Biasanya berupa perasaan tekanan dan perasaan berat pada dada.
  • Mudah lelah
Kondisi mudah lelah sebenarnya merupakan kondisi umum apabila seseorang mengidap penyakit tertentu termasuk juga penyakit asma, jika kadar oksigen dalam tubuh berkurang ini bisa saja kemungkinan karena terganggunya saluran pernapasan
  • Iritasi Tenggorokan
Kebanyakan kasus bahwa jika seseorang mengalami iritasi tenggorokan merupakan ciri dari gejala penyakit asma, iritasi pada tenggorokan ini disebabkan karena saluran pernapasan tersumbat lendir.
  • Menghilangnya suara
Gejala Penyakit Asma dalam tahap parah lainnya adalah kehilangan suara, ini diakibatkan karena batuk secara terus-menerus sehingga dalam jangka waktu tertentu penderita asma bisa saja kehilangan suaranya. Dan jika melakukan pembicaraan dalam waktu yang normal suara orang tersebut akan terdengar serak.
  • Bibir dan juga kuku membiru
Pada tahap yang berbahaya jika seseorang terkena asma adalah membirunya bibir dan juga kuku, jika gejala ini muncul harus segera meminta bantuan dokter untuk ditangani lebih lanjut.
  • Merasa sering panik dan juga cemas
Jika seseorang sering merasa panik dan juga cemas pada masalah-masalah kecil, ini juga merupakan salahsatu ciri dari penyakit asma
  • Batuk secara terus-menerus
Gejala serangan penyakit asma selanjutnya adalah batuk secara terus-menerus yang mengakibatkan napas menjadi pendek, meskipun banyak orang yang belum tahu tetapi gejala ini perlu diwaspadai karena bisa saja merupakan salahsatu ciri seseorang sakit asma.

Mengatahui gejala penyakit asma yang muncul merupakan salah satu cara agar tidak terjadinya keterlambatan dalam melakukan pertolongan pertama. Jika mengetahui gejala awal terkena penyakit asma, maka seseorang yang terkena penyakit asma dapat ditolong dengan cepat dan juga tepat.



| Gejala Awal Terkena Penyakit Asma



Terimakasih

[sumber: hariansehat.com]


Artikel lainnya

0 Response to "Gejala Awal Terkena Penyakit Asma"

Posting Komentar